Senin, 31 Desember 2012

2012

here they are, in the end of 2012 I have score out some list of resolutions. then get my unexpected hope and dreams. thanks God for that.

Tahun yang sangat luar biasa. dengan orang orang luar biasa pula.

di awali dengan rentetan harapan-harapan terhadap banyak semu, doa-doa kepada yang pergi, dan mimpi mimpi yang belum tau bakal wujudnya..

lalu sedikit demi sedikit harapan, doa dan mimpi itu perlahan memunculkan keberadaan sederhana melalui tangan Tuhan yang Maha Tau Segalanya,

bertemu orang-orang hebat, penulis penulis handal, partner yang amat tangguh dan sahabat yang setia tiada tara. melewati banyak kejadian, pembelajaran, dan acara-acara menyenangkan.

tahun ini mengajarkan saya bahwa rasa syukur dan rasa ikhlas itu bisa dijalani secara beriringan. seperti apa yang dikatakan seseorang dari pulau seberang kepada saya. terimakasih. saya tidak akan melupakan semua itu :)

thanks for the awesome year. I'll be wait for the more awesome year in 2013 :D


Jumat, 28 Desember 2012

#UNIVERSITAWA

udah gatau mau ngomong apa, yang jelas, acara universitawa standup comedy nya mas @anang_batas itu keren :D two thumbs up :D

makasih yaaa yang udah nemenin nonton :3




left to right: dimas, gani, me, shitlicious, rico, rizky :)


with the english standup comedian; awangizm :D

with @mongol_stress :D


Sabtu, 22 Desember 2012

Birthday Boy~

a very quality time conversation about life, an abal abal surprise ever. and the small rainbow cake with a big hope and pray for your life, your love life and your future.


happy birthday dek gani :)

semoga pdkt nya lancar trus cepet dapet pacar :D 
amin!

kuki donuts, 211212




Di sebuah dini hari, sunyi, senyap, gelap.
ada tubuh yang terjaga, ada yang terbangun dan memanjat doa-doa.
bersimpuh memohon ampunan, mendoakan keluarga.
bersujud demi mengharap hal-hal baik senantiasa.

Di sebuah pagi yang berembun, 
ada tangan-tangan yang sibuk mempersiapkan hari.
peluh bercucur meski pagi masih sibuk bercengkrama.
karenanya, pagi itu sempurna.
ketika secangkir teh hangat dan
sentuhan tangan lembut meski guratan di tangannya
sudah terlihat renta.

Di sebuah malam yang dingin dan berangin,
ada cemas saat pesan singkat untuk buah hatinya 
tak kunjung dibalas
atau saat anak kesayangannya justru sibuk bermain dan lupa
bahwa ada yang senantiasa menantinya pulang.
bahwa ada yang tidak tenang selasar batinya, 
saat kehadirannya melengkapi rumah mereka.

Ibu.

kau lah yang menciptakan pagiku, mencerahkan hariku, dan menggenapkan malamku.
adamu menyempurnakan hidupku :)

untuk tiap cangkir teh hangat buatan ibu yang tak terhitung jumlahnya, untuk tiap masakan yang dibuat dengan hati tulus, meski lelah, meski sedang sibuk luar biasa. dan untuk setiap suap yang diberikan dengan penuh rasa kasih. untuk peluk, cium, dan sentuhan tangan yang luarbiasa menghangatkan, menguatkan dan menakjubkan khasiatnya. 

untuk tiap telefon, pesan singkat berkata cepat pulang. untuk tiap khawatir yang menggetarkan. tiap larangan yang selalu beralasan, dan tiap pengorbanan yang selalu dicurahkan untuk membahagiakan hidup ini :"

semoga masih banyak kesempatan untuk selalu membahagiakan dan membanggakan ibu . amin.

untuk ibu, perempuan nomor satuku. my best motivator ever.
Selamat Hari Ibu

IP FUN DAY; ZOO VISIT




Here it is, International Program Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia presents .. IP FUN DAY; ZOO VISIT! event pertama dari International Program Forum mengadakan sebuah acara sosial sekaligus mendekatkan para mahasiswa IP FE UII dengan anak-anak panti asuhan di sekitar Yogyakarta.


Bersama 40 mahasiswa dan 70 anak-anak panti asuhan dari panti asuhan yatim putra Muhammadiyah dan panti asuhan yatim putri Brebah kami mengadakan sebuah acara untuk mengajak mereka bermain dan bersuka ria di kebun binatang Gembira loka Yogyakarta. 

Setiap Mahasiswa akan mengajak dan menemani dua orang anak , dan mengajak berkeliling dan bermain di arena Kebun Binatang. baik peserta ataupun anak-anak sangat antusias dan sangat bersemangat mengikuti acara ini.

Beruntung, karena ini acara sosial, kami mendapat diskon khusus dari pihak kebun binatang, semacam dimudahkan acara kami. Subhanallah :)

dan kamipun memiliki waktu bebas selama beberapa jam untuk berkeliling dan mencoba permainan dan wahana yang ada di sini, dari mulai naik gajah, naik kereta, naik perahu boat, naikperahu kataraman, dan melihat pertunjukan beruang madu dan berfoto bersama orang hutan. menarik dan berkesan! terlebih ada banyak yang belum pernah mengunjungi kebun binatang gembiraloka atau yang sudah lama sekali tidak berkunjung kesini (seperti saya) hehe. 

luar biasanya lagi, anak anak ini tidak ada lelahnya! mereka tampak sangat sangat masih bersemangat hingga menjelang dhuhur kami berkumpul untuk istirahat dan break sholat. meskipun cuaca panas terik menyengat kulit, mereka tetap berantusias tinggi. betapa bahagianya melihat mereka bahagia :)

setelah istirahat dan sholat, kamipun mengadakan games demi menyemarakkan acara. beberapa permainan dimainkan dengan membagi mereka ke dalam tiga kelompok. tampak keceriaan dan raut raut cerah tersirat dari wajah mereka. entah kenapa saya pribadi merasa tersentuh saat melihat hal-hal semacam  itu :')

acara terakhir adalah penutupan.
lalu ditutup dengan salam-salaman dan pembagian bingkisan dari kami dan segenap donatur kepada anak-anak tersebut. doa-doa yang terucap dari bibir mereka begitu menggetarkan batin kami.
bagaimana keeratan dan keakraban yang begitu lekat meski kami baru bertemu dan bersama dalam waktu yang singkat :)

kapan-kapan kita main lagi ya adek adek, semoga bertemu di lain waktu dan kesempatan. terimakasih sudah mau bermain bersama kami :D

-tidak ada hidup yang sempurna, tapi bagaimana kamu menyempurnakan hidup dengan apapun yang kamu punya-

saya dan dua orang adik baru saya yuli dan nina




they have very touching story. how cute them is it? 





like a cover of film haha.

:)



cheers
@kiramadhani.


Senin, 10 Desember 2012

Dialog Dua Hati.

Hujan sudah meluluhkan kebekuan dalam hatimu, sayangnya hujan juga yang membuat seluruh rasa dalam batinku ini luntur, lalu hilang tanpa bekas.

"buat apa pula aku memperjuangkan kisah yang jelas-jelas tidak memiliki timbal balik serupa?" 

"mengapa kamu menyerah? tidakkah kamu menunggu sebentar lagi agar aku dapat menyadari bahwa selama ini aku salah?"

"buat apa? iya kalau kalau kamu kahirnya ingat dan sadar. jika tidak? aku harus menunggu sampai aku karatan dan menyadari bahwa keadaanku tidak akan pernah jauh lebih baik jika terus mempertahankanmu? lalu sampai akhirnya aku tertohok bahwa menunggu kamu adalah kesia-siaan yang sungguh sia-sia, begitu kah yang kamu maksud menunggu?"

"Bukankah tiap manusia akan menunggu untuk sesuatu yang mereka cintai?"

"Iya, dengan syarat dan catatan bahwa ada kepastian dari setiap hal yang ditunggu. semuanya butuh proses, aku tau, semua orang yang menunggu butuh kepastian itu, tidak seluruhnya dapat kita ramal dan terka pastinya seperti apa. tetapi juga kita harus pintar pintar membaca tanda-tanda alam yang ada, dengan begitu kita bisa tau bagaimana kepastian itu, hadir atau tidaknya."

"bilang saja kalau kamu tidak ingin berusaha banyak pada hubungan ini. tidak usah berbelit-belit."

"apa katamu? tidak ingin berusaha? tidakkah kau melihat bahwa aku sudah cukup memperjuangakanmu dengan seluruh daya dan upayaku. terlalu banyak perbedaan, terlalu banyak jarak. aku muak."

"kalau begitu kita akhiri saja seluruh carut marut yang kau buat. aku juga sudah muak. aku akan pergi dan tidak akan kembali lagi."

*hening*

dunia mereka berbeda, mereka memang tidak bisa bersama. ada kalanya perpisahan adalah jarak teraman untuk membuat hati keduanya tetap utuh. 

surat untuk kamu di surga; saya sudah mempunyai hidup damai di sini. bukannya tidak ingin lagi mempertahankan kamu dalam hati saya, tetapi mengingat kamu tidak membuat saya dapat meneruskan hidup saya dengan tenang. oleh sebab itu, biarkan kamu saya simpan dalam lubuk paling dalam.  terima kasih dan sampai jumpa di kehidupan selanjutnya.



@kiramadhani

Celoteh Tentang Mimpi

10.12.12

terkadang niat itu tidak sejalan dengan otak dan situasi. kayak sekarang ini, mau bikin review tapi males lagi lagi datang. padahal mumpung fresh abis kelar baca novel. udah gitu pingin bikin laporan trip ke gembira loka bareng anak panti asuhan juga, sayangnya foto fotonya masih kesebar. haem. jadilah saya menulis celotehan asal pengisi waktu sebelum tidur.

omong omong, saya jadi ingat buku resolusi saya yang saya buat awal tahun ini. enggak kerasa desember sudah datang, dan kita tiba dimana checklist target harus dicoret satu satu. banyak yang tercapai, yang belum juga masih banyak banget. checklist impian juga beberapa bisa dicoret, dan mulai berpikir untuk mencatat mimpi-mimpi besar lainnya. 

ada banyak mimpi yang siap untuk kamu gapai, tinggal bagaimana kamu mau dan keyakinanmu untuk meraih seluruh mimpi-mimpi tersebut :)

@kiramadhani

Minggu, 09 Desember 2012

Sepenggal Kisah di Hari Minggu


tawa yang membuncah seiring senyum yang sumringah mengembang
mereka.
ada gurat gurat tipis kehidupan yang mungkin enggan tersentuh kembali
juga raut-raut kerinduan yang tak sempat teraih.
iya, mereka.

tawa yang lepas, rengekan mencoba perahu air saat menarik lenganku,
keceriaan yang mungkin tidak setiap waktu didapat.

kebahagiaan mereka adalah kebahagiaan yang mereka ciptakan sendiri, sebab di lubuk mereka, ada banyak rindu, tangis dan kisah yang terkadang sulit untuk dipahami.

menerima, itu kuncinya.

dan keyakinan atas kehidupan yang lebih baik itu akan selalu ada, dan mereka meyakini mereka akan meraihnya.

-untuk anak-anak panti asuhan putra muhammadiyah dan panti asuhan Islam putri brebah.
IP FUN TIME; ZOO VISIT
:')

:)

sembilan desember dua ribu dua belas.

menyadari bahwa masih banyak orang baik dan tulus di sekelilingmu adalah anugerah yang wajib kamu syukuri, dan menyadari bahwa masih banyak orang yang tidak seberuntung kamu adalah keadaan dimana kamu harus lebih banyak memuja Tuhan dibanding dengan mengeluh ini itu.

Sudahkah kamu berterima kasih untuk Tuhan hari ini?

Terima kasih, Terima kasih, Terima kasih.
Terima kasih Tuhan untuk hari yang indah ini :)

Kamis, 06 Desember 2012

Kepada Dia.

Ada seorang dia, yang begitu menenangkan batin hanya ketika tak sengaja ku lewat sepuluh sampai lima belas meter jaraknya dari dia, dan dia sudah melemparkan sebuah senyum yang tidak mampu ku pungkiri begitu menyenangkan mata.

Ada seorang dia, yang dahulu begitu lekat hangat terasa, berbicara tentang masa depan dirinya. berbicara bagaimana ia akan seperti ini dan seperti itu. dia lantang menyebutnya meski aku tidak tau masa-depan seperti apa yang akan dia dapati selanjutnya. 

Ada seorang dia, yang dengan yakin dan percaya diri bahwa dia pasti bisa, dia bisa meraih seluruhnya. dia berkata padaku bahwa aku harus membantunya meraih semua itu, dan aku dengan senang hati membantunya dan mendampinginya ketika masalah menghadang ke kehidupannya.

Ada seorang dia, yang amat peduli, yang kata-katanya tidak jauh dari kata penuh semangat dan membara, apalagi ketika aku berkata, kamu bisa jadi pemimpin. kamu pasti bisa mengemban setiap tugas dan tanggungjawab ini. dan dengan senyum tipis kau angkat kepalan tanganmu yang gempal itu lalu berkata; aku pasti bisa!

Ada seorang dia, yang tertegun menatapku terisak tanpa suara. ketika ada seorang yang melukaiku, lalu kau dengan terbata menenangkanku, lalu diam tanpa sepatah kata duduk di sampingku, memberiku selembar tisu dan terdiam keduanya. masa-masa itu :')

Ada seorang dia, yang terpaksa membuatku pergi mengendap-endap, memaksaku untuk mundur perlahan, karena aku tau, hatimu mempunyai pemiliknya. aku tidak tega untuk membuat hati seorang wanita disana terluka saat menantimu pulang ke kotanya, sementara kau disini bersamaku. pada akhirnya aku memilih untuk pergi dari kehidupan dia.

Ada seorang dia, yang akhirnya kutemui saat ia menggunakan seragam kebanggaannya, saat ia meraih posisi yang ia inginkan, saat seluruh ucapan yang dia katakan padaku setahun yang lalu dia capai seluruhnya, aku turut berbahagia atas pencapaiaanya. 

Ada seorang dia, seorang teman yang senyumnya selalu kurindukan, setiap ku lalui tubuh tegapnya, setiap berpapasan dengannya, atau sekedar melihatnya dari kejauhan. seorang teman yang amat sangat hangat dan bijaksana. 

karena dia, tidak ada yang merasa terluka ketika sebuah rasa harus di pangkas sedemikian rupa. bagiku, dia lebih dari sekedar pelajaran berharga. bahwa keindahan tidak harus di miliki, tetapi juga di hargai dan di jaga keindahannya :')

Jogja, 9.20 WIB

Selasa, 04 Desember 2012

Soundtrack of the month! December~

Soundtrack of the month is Bruno Mars - Today My Life Begin




I've been working hard so long
Seems like pain has been my only friend
My fragile heart's been done so wrong
I wondered if I'd ever heal again

Oh just like all the seasons never stay the same
All around me I can feel a change (oh)

I will break these chains that bind me, happiness will find me
Leave the past behind me, today my life begins
A whole new world is waiting its mine for the taking
I know I can make it today my life begins

Yesterday has come and gone
And I've learn how to leave it where it is
And I see that I was wrong
For ever doubting I could win

Oh just like all the seasons never stay the same
All around me I can feel a change (oh)

I will break these chains that bind me happiness will find me
Leave that past behind me today my life begins
A whole new world is waiting its mine for the taking
I know I can make it today my life begins

Life's too short to have regrets
So I'm learning now to leave it in the past and try to forget 
Only have one life to live
So you better make the best of it

I will break these chains that bind me happiness will find me 
Leave the past behind me today my life begins
A whole new world is waiting its mine for the taking
I know I can make it today my life begins

I will break these chains that bind me happiness will find me
Leave the past behind me today my life begins
A whole new world is waiting its mine for the taking
I know I can make it today my life begins



this is a very great song for motivate us that we just have one life to live, will you let many mistakes ruin your opportunities? No? so make some movements and tell the world how beautiful your life is! ;) ;)

Cry

I will cry until i think this is enough to cry, and after this, no more tears for you again. like, ever~

Bahagia adalah Sederhana



Me and My Happiness

Ada banyak hal di sekeliling kita, hal sekecil apapun itu yang kadang justru membuat hidup kita jauh lebih berarti, dan membuat kita lebih memaknai bahwa kebahagiaan itu adalah sangat sederhana dari apa yang kita bayangkan.


pada dasarnya, kebahagiaan itulah yang menjadi tujuan hidup manusia, dan setiap manusia menginginkan setiap kebahagiaan yang sesuai dengan "standar" kebahagiaan yang mereka patok sendiri, yang kadang mereka justru mengotak-kotakkan kebahagiaan yang akan mereka raih itu sendiri, dan mereka akan terlupa dari esensi kebahagiaan yang mereka cari.

kita memang tidak akan pernah puas atas apa yang kita dapat, atas apa yang kita raih, atas apa yang sudah kita punyai. tetapi menurut saya, kebahagiaan yang kita dapat rasakan sesungguhnya berawal dari hal-hal kecil yang (sebenarnya) sangat sederhana untuk dimaknai.

1. Bersyukur.

Sadar atau tidak, bersyukur sering kita lalaikan, bukannya menerima dan berterimakasih atas apa yang Tuhan berikan untuk kita, tetapi justru selalu meminta dan selalu merasa tidak cukup. Hal hal seperti ini membuat hidup kita tidak pernah merasa bahagia yang hakiki. mulai dari berterimakasih untuk segala keadaan baik yang diberi, dan berterimakasih dan bersyukur atas seluruh keadaan baik yang dikemas dengan keadaan sebaliknya. Tuhan selalu lebih tau apa yang terbaik untuk umatNya, hanya saja pembenaran dan pemahaman tentang hal tersebut perlu kita telaah maknanya. Hidup tanpa rasa syukur adalah kebahagiaan yang tidak akan pernah nyata utuhnya.

2. Percaya

percaya atau tidak, kepercayaan atau keyakinan adalah modal utama kebahagiaan itu berasal, kebahagiaan itu terbentuk. karena mau tidak mau, apa yang kita pikirkan akan tersalurkan melalui alam bawah sadar kita yang akan di transfer ke alam sadar kita untuk kemudian direalisasikan nyatanya. dan oleh sebab itu maka apabila kita telah mempunyai kepercayaan akan hal baik dan kebahagiaan yang tidak muluk namu cukup, tentu akan tercipta sedemikian rupa. karena kebahagiaan adalah keadaan yang kita ciptakan sendiri, bukan terbentuk karena adanya orang lain :)

3. Meminta lebih sedikit, Memberi lebih banyak

seperti rasa syukur, ketika kita mendapat sebuah hal baik, kita harus mengucap syukur. ketika kita mendapat banyak hal baik, rasa syukur kita harus lebih berlipat lebih banyak. agar hidup kita selalu terasa cukup dan terpenuhi atas rasa syukur yang kita panjatkan pada Sang Pemberi Kebahagiaan. Cara lain yang dapat kita lakukan adalah, dengan memberi lebih banyak, dan meminta lebih sedikit. memberi apapun yang kita miliki sekecil apapun itu, sesederhana apapun itu. seperti halnya berbagi cerita, berbagi tawa, berbagi doa, berbagi suka, berbagi ilmu juga berbagi kebahagiaan yang kita miliki itu sendiri. ketika kita bisa menjadi sebuah pelengkap atas kebahagiaan orang lain, kebahagiaan kita akan jauh lebih berkali lipat lebih banyak. karena secara tidak langsung, kita membahagiakan diri kita melalui orang lain yang kita bahagiakan. betapa hidup lebih terasa menyenangkan ketika orang lain dapat tertawa penuh suka cita bersama kita?
yap! hidup akan terasa lebih ringan, kita akan mulai mengabaikan pikiran-pikiran buruk yang kita risaukan dalam kehidupan kita sebelumnya. dan kita akan jauh lebih menghargai waktu dan kesempatan yang kita punya dalam hidup untuk dapat memaknai kehidupan dan kebahagiaan dari sisi yang berbeda, dan mewujudkannya jauh lebih berarti lagi :)

bukankah hidup adalah perjuangan tanpa henti? perjuangan meraih bagahia, cita dan asa. dan kebahagiaan itu tidak instan, butuh manusia dengan hati lapang yang siap menerima kebahagiaan apapun bentuknya, meskipun kebahagiaan tidak selalu identik dengan suka-cita. dan cobalah mulai untuk mengingat hal apa saja yang telah kalian lupakan/abaikan/lewatkan hanya karena kalian sibuk mencari dan mencari seperti apa kebahagiaan yang sempurna itu.

jadi, bahagia itu sederhana, bukan? :D

Senin, 03 Desember 2012

kereta melaju, deru-deru roda berputar seiring desir alunan sirine berbunyi.

sunyi.
sampai saat ini bisu masih saling mengikat benci.

bagaimana tiap detik yang terlalui dengan hampa yang terus menghantui meski namamu tak lagi terngiang dari bilik ini. aku lelah berpikir ketika sudut-sudut mata ini mulai menumbuhkan bulir-bulir yang kemudian jatuh satu-satu setelah lima belas menit kembali terjebak dengan memoar yang tertera jelas di langit-langit hariku. yang kemudian, satu persatu dari mereka hilang, musnah ditelan kenyataan.

adakah aku sedikit dihatimu?

seriring laju kereta yang melambat ditengah keheningan malam yang makin menusuk kulit, lalu memandang kaca dibalik tirai merah. gelap. hitam. jelaga. seluruhnya tertutup malam yang sudah larut mencekam. kucoba memandang jauh lebih lamat. gagal. seluruhnya menyatu sempurna jelaga. tanpa cela. tanpa jeda. seperti itukah hatimu kini? sempurna tak terbaca olehku, sempurna tertutup bagiku untuk sekedar singgah dan berteduh ?

rinduku memang enggan menetap, juga lelah menanti. kepadanya kini tertera banyak lorong-lorong menuju persinggahan selanjutnya, tempat tujuan berikutnya; rumahmu, barangkali~









Sabtu, 01 Desember 2012


ketika kamu merasa perih untuk menggenggam, cobalah sejenak untuk melepaskan.

ketika kamu merasa begitu rapuh untuk mencntai, cobalah sejenak untuk mengikhlaskan.

Selasa, 20 November 2012

Karena sebagian dari kami lelah, sebagian lagi akhirnya menyerah.

He Just Not That Into You



people change, everything is changing. and how we deal with that changing and adapt with the new environment to make the situation is comfortable. this late night i just realize something from the film i just watch ; the title is He Just Not That Into You. 

This film, give me some learning, some bullshit that honestly i do believe it, and so many kind of drama situation that make me think that, how stupid i am. oh my god. 

this night, i realize that, whoever he is, the right man will never let you down, who will keep you stay with all his effort that he can do, and give to you before you ask to him. then give you no reason why he must leave you. and here it is. if your plan not running well, this is not the end, because the biggest part that you must noted that, at least he give you a way to start a new way to get you're other happiness. and of course, to teach you how you will deal with the next destination whatever the changes are. for the last, maybe the best way to do now is, moving on.

Rabu, 07 November 2012

PENDIKAR; SALAH SATU UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA



: OPINI

Dewasa ini, banyak fenomena yang terjadi dikalangan anak-anak mengenai rancunya karakter anak-anak yang tidak sesuai dengan usia dan cakupannya. Dalam konteks yang saya maksud adalah rapuhnya generasi muda Indonesia yang diakibatkan oleh berbagai macam hal yang menyebabkan pudarnya karakter anak yang semestinya sehingga berdampak tidak baik dan cenderung negatif kepada kelangsungan kegiatan belajar mengajar. Tidak hanya itu, kecenderungan karakter yang lemah mengakibatkan sebagian siswa kehilangan motivasi untuk belajar dan tidak memiliki cita-cita yang jelas bagi masa depannya. Sudah barang tentu, ini adalah momok bagi masa depan Indonesia yang memiriskan.
Ada banyak faktor penyebab terjadinya hilangnya atau lemahnya karakter anak-anak di Indonesia yaitu:

1.       1. Keluarga

Keluarga adalah tempat belajar pertama sekaligus tempat belajar yang paling memberikan efek dan dampak luar biasa bagi tumbuh kembang anak. karena sebagian besar waktu adalah di rumah, maka kecenderungan apa yang anak lihat/dengar dari keluarga mereka sendiri akan memiliki potensi lebih besar untuk ditiru atau diikuti oleh anak yang notabene belum memiliki pendirian dan masih memiliki kelabilan yang besar. Maka dari itu, jika dari keluarga sendiri tidak mengajarkan bagaimana karakter anak yang baik sesuai dengan usia dan cakupannya, tentu ini akan mempengaruhi lemahnya karakter anak tersebut.

2.      2. Lingkungan

Lingkungan juga memberikan sumbangan kedua setelah keluarga, anak yang memiliki pendidikan karakter yang baik namun lebih sering bergaul atau berada pada lingkungan yang lemah karakter bisa jadi akan mempengaruhi karakter anak. Sebab anak-anak rentan terpengaruh oleh hal hal yang belum mereka ketahui kebenarannya, sehingga jika tidak dikontrol dengan baik akan membawa dampak tidak baik bagi karakter anak dan etika anak.

3.       3. Media

Media juga memiliki andil yang tidak kalah besar, jika anak berada dalam lingkungan yang acuh dan keluarga yang sibuk dan membiarkan anak bebas dengan berbagai macam media dan teknologi yang tidak khayal juga dapat memberikan pengaruh negative disamping memberikan dampak positive, sebab banyak hal yang tidak kita sadari dari berbagai macam media (baik cetak atau elektronik) memberikan pengetahuan atau informasi yang tidak sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas seorang anak sebagaimana usianya, yang pada akhirnya anak menyerap pengetahuan-pengetahuan tersebut lalu menyebabkan kecenderungan karakter yang tidak tepat atau justru melebihi usia yang sebenarnya. Jelas ini tidak baik bagi tumbuh kembang anak, mereka akan “dewasa sebelum waktunya”.

Untuk itu saya cenderung untuk menyarankan kita menggunakan system pendidikan yang dilengkapi dengan “pendikar” atau pendidikan karakter.  istilah pendikar atau pendidikan karakter sudah mulai marak, namun aplikasi dan implementasi di Indonesia belum sepenuhnya dilakukan di seluruh sekolah-sekolah di Indonesia. Pendidikan Karakter ini adalah salah satu proses belajar dengan mengedepankan karakter siswa untuk pengoptimalan proses belajar mengajar itu sendiri dan juga memberikan dampak positif bagi tumbuh kembak anak sebagaimana mestinya.

Menurut saya karakter itu penting, generasi muda harus dibekali dengan karakter-karakter yang menunjang untuk menjadi generasi penerus bangsa dan pengharum nama bangsa. Dalam konteks pendidikan, para generasi muda baik siswa ataupun mahasiswa diharapkan dapat menjadi anak muda kaya prestasi dan kritis bagi perkembangan bangsa serta dapat membanggakan Indonesia baik dari sisi pendidikan atau dari sisi yang lain. Yang jelas, karakter itu dibentuk, maka bagaimana faktor-faktor yang tadinya menghambat dapat diubah menjadi pendukung untuk keselarasan karakter siswa dan pada akhirnya terciptalah karakter yang sempurna.

Sebagai contoh pengaplikasian pendidikan karakter adalah kampus saya sendiri yaitu Universitas Islam Indonesia. Untuk fakultas Ekonomi  terdapat satu matakuliah wajib yang harus diambil pada awal tahun ajaran, mata kuliah ini bernama Bridging Program (BP). Tujuan dari adanya BP ini adalah untuk memperkenalkan sekaligus membentuk karakter mahasiswa baru dalam proses penyesuaian (penjembatan) dengan lingkungan baru sebagai mahasiswa. Karena perbedaan atmosfer dan perbedaan situasi di sekolah berbeda dengan di univeristas, mata kuliah ini sangat membantu untuk membentuk karakter mahasiswa yang baik dan benar.

Dalam mata kuliah ini, berbagai pelajaran pendidikan karakter dikemas dengan berbagai macam cara, baik games, tugas atau acara-acara yang menunjang mahasiswa untuk lebih aktif, lebih kritis, lebih percaya diri, lebih memunculkan karakter kepemimpinan, menggali potensi/minat bakat, mendorong kerjasama dalam tim dan lain sebagainya. Dan yang saya rasakan selama satu tahun mengikuti mata kuliah tersebut adalah sangat beruntung. Karena ilmu seperti itu tidak tentu kita temui di berbagai instansi pendidikan dan saya sangat merasakan dampak positif dari adanya bridging program. Sedikit atau banyak, kecenderungan untuk meletakkan karakter sesuai porsi dan usia saya sekarang menyebabkan saya untuk semakin menggali potensi yang saya miliki dan mengembangkannya lebih lanjut. Yang terpenting adalah semakin terbentuk karakter positif dari pendidikan karakter akan menyebabkan siswa/mahasiswa menjadi mempunyai masa depan yang lebih jelas dengan mengetahui dimana minat bakat dan cita-citanya kelak.

Dengan pengembangan karaker yang baik, akan memunculkan kelangsungan pendidikan dan proses belajar mengajar yang baik pula, sebab jika anak memiliki karakter yang baik, akan memunculkan motivasi yang besar untuk anak mengikuti dan mempelajari berbagai macam hal yang diajarkan melalui pendidikan itu sendiri, dan mereka akan lebih mudah menyerap sehingga terciptalah kelancaran proses belajar mengajar. Kemudian daripada itu, jika sudah tercipta kelancaran proses belajar mengajar tentu akan memberikan pengaruh dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia dan menciptakan generasi Indonesia yang cerah.

Untuk itu, mari kita berupaya semampu kita untuk membantu sekecil apapun itu. Dan semoga pendidikan karakter semacam ini makin berkembang di Indonesia dan makin banyak aplikasinya mulai dari pendidikan yang paling dasar, sehingga sedari kecil akan semakin banyak bibit-bibit baru para generasi penerus bangsa yang siap membanggakan bangsa Indonesia. Dan sudah tentu, perubahan ini harus kita lalukan mulai dari diri kita sendiri. Kalau bukan kita, Siapa lagi?





Tulisan ini dibuat dalam rangka mengikuti lomba Blog Competition yang diadakan oleh Indonesia Berkibar.

TIGA FAKTOR PENDUKUNG TERCIPTANYA KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA




Pendidikan merupakan hal yang sangat amat penting. Untuk mencapai kualitas pendidikan yang baik diperlukan faktor-faktor penentu kualitas pendidikan yang baik pula. Menurut saya ada tiga faktor penentu, yaitu:

1.     1.  Sumber Daya Manusia

SDM yang saya maksud ada dua hal, yang pertama adalah SDM yang mengampu pendidikan, dalam hal ini adalah tenaga pengajar bidang studi. Sudah sepantasnya tenaga pengajar mempunyai kualitas yang memenuhi standar yang berlaku sebelum mendapat izin mengajar. Terlebih kualitas tenaga pengajar yang kurang baik akan menyebabkan ketidakseimbangan dan ketidakselarasan antara keinginan siswa mendapat ilmu dengan kondisi yang ada. Untuk itu, saya berharap kepada siapapun calon tenaga pengajar untuk sungguh-sungguh dalam membantu mencerdaskan generasi bangsa. Jika kualitas tenaga pengajar sudah baik, tentu peluang untuk menghasilkan generasi yang baik akan semakin besar.

Di samping itu, siswa merupakan faktor sumber daya manusia yang mempunyai pengaruh besar juga. Terutama dalam pengaturan mindset anak-anak dan remaja di Indonesia, yang kadang menganggap pendidikan itu tidak penting. Di sinilah letak kualitas pendidikan yang sering dipertanyakan, “yang salah itu gurunya, atau siswanya” dalam konteks yang saya bahas, kecenderungan pemikiran siswa yang tidak memprioritaskan pendidikan akan lebih menyepelekan pendidikan itu sendiri lalu memicu lemahnya motivasi belajar siswa untuk menyerap materi dari para tenaga pengajar, dan mengakibatkan peran tenaga pengajar menjadi sedikit sia-sia karena tidak adanya niat atau motivasi siswa untuk belajar. Saya pikir, untuk setiap orang tua, harus menanamkan pemikiran sederhana sejak dini untuk anak-anak bahwa pendidikan itu penting, entah seperti apa bentuk pendidikannya. Sehingga anak-anak bisa lebih bersemangat dalam menyerap ilmu dari tenaga pengajar yang ada.

2.      2.  Fasilitas

Hal ini juga yang menjadi momok penting dalam dunia pendidikan, karena terkadang fasilitas yang minim membuat siswa dan tenaga pengajar kesulitan dalam penyampaian materi pembelajaran dan atau membantu proses belajar mengajar. Terlebih untuk daerah pelosok, cenderung lebih terabaikan dan kualitas pendidikan di sana juga ikut menurun. Untuk itu, fasilitas pembelajaran ini perlu banyak ditinjau, baik oleh pemerintah atau dinas pendidikan setempat untuk mempunyai standar fasilitas pembelajaran yang layak di setiap sekolah, agar para siswa dan tenaga pengajar mendapatkan ruang untuk dapat memperluas jaringan pendidikan mereka. Misalnya, pendistribusian buku yang layak dan menenuhi standar untuk membantu proses belajar mengajar. Dengan buku, siswa dapat lebih banyak mengetahui hal-hal yang dijelaskan oleh tenaga pengajar, dan siswa akan lebih memiliki wawasan yang luas juga. Sudah tentu, hal ini akan menaikan kualitas pendidikan di Indonesia.

3.      3. Kurikulum dan Materi Pembelajaran

Menurut saya kurikulum dan materi pembelajaran juga termasuk dalam faktor penentu kualitas pendidikan. Sebab hal ini menjadi acuan utama dalam penyampaian materi pembelajaran untuk para siswa. Kurikulum harus sesuai dengan kaidah dan standar yang berlaku. Badan Pendidikan Nasional harus lebih teliti dalam pembuatan kurikulum yang berlaku dan digunakan oleh institusi pendidikan. Sosialisasi terhadap setiap pergantian kurikulum juga dirasa sangat perlu untuk membuat tenaga pengajar lebih mengerti dan memahami kurikulum baru yang dipakai, sehingga kualitas pendidikan pun akan lebih mudah tercipta jika korelasi antar berbagai pihak yang terkait berjalan dengan lancar.

Dari ketiga faktor diatas, saya dapat menyimpulkan bahwa kualitas pendidikan yang baik adalah hasil atau output dari proses faktor-faktor dalam pendidikan yang diantaranya; sumber daya manusia, fasilitas, dan kurikulum yang berjalan sesuai kaidah dan fungsinya secara lancar dan berimbang. Dengan demikian, kualitas pendidikan yang baik akan tercipta jika keseimbangan dan kesinambungan diantara ketiganya dapat sesuai dan menyatu dengan aspek pendidikan lainnya. 


Tulisan ini dibuat dalam rangka mengikuti lomba Blog Competition yang diadakan oleh Indonesia Berkibar.

Selasa, 30 Oktober 2012

Photoshoot! :)


27 October was a greaaaat day!
and i love my outfit this day! :)

I found vintage clothes from my mom. the pink one :) and just match with black tank top and black jeans. just that but it really chick. yeiy :)

me in lempuyangan railway station

after make up


with the real model -momo-
me and icha


fron left to right - momo - me (kiki) - ajeng - icha and anggik. at malioboro street
actually before this me and my friends have another photoshoot in the Hutan Pinus in Imogiri




yeiy! that was fun! although me just help my friends to do her assignment, and not the main models to photoshoot. i still happy :) thankyou Epik Setyawati for the make up. it-was-awesome. and for lovely DMALIKAM - mala-ajeng-lia-icha-kiki-arman-momo. see ya then :)

Senin, 29 Oktober 2012

when I miss you, doesn't mean I want you back.

Sebuah Hilang




ada kalanya berpisah tidak melulu menyedihkan, dan bertemu tidak selalu menyenangkan.

;kehilangan.

jika kita berbicara tentang kehilangan, sudah pasti ada bagian yang terbawa rindu-rindu usang yang tidak menemukan jalan pulangnya lagi. atau mungkin serupa tanah tandus yang tidak pula menemukan hujannya. pasti akan ada bagian yang berubah, pasti ada bagian yang berbeda.

jika kita berbicara tentang ditinggalkan, barangkali kita sudah bisa menerka bagaimana rasanya, ketika sebuah bagian yang tadinya utuh lantas terbelah dan terjatuh separuhnya, memunculkan banyak luka dan duka dari sebuah asa yang tidak lagi ada.

dari kehilangan, maupun ditinggalkan, seluruhnya mempunyai sekelumit misteri yang tidak tentu kita ketahui maksudnya. bagaimana kita bisa memaknai kehilangan dan ditinggalkan dari sisi semesta, bagaimana kita tidak melulu menyalahkan Tuhan dan semesta atas kehilangan dari orang-orang yang meninggalkan kita.

Tuhan merotasi kehidupan kita, memutar poros roda hidup-hidup manusia, kadang di atas, kadang di bawah. begitu pula ada yang datang ada yang pulang, ada yang singgah ada yang pergi, ada yang kembali ada pula yang meninggalkan.

Iya. Kita harus mengetahui bahwa Tuhan menginginkan Hamba-Nya untuk tau bahwa seluruh sketsa dan skenario yang telah Tuhan buat sedemikian rupa untuk kita telaah maksudnya, kita ambil hikmahnya, dan kita  perbaiki untuk sisa kehidupan kita yang ada.

karena kehilangan tidak selalu identik dengan perpisahan, karena kehilangan harus kita rayakan, dengan merelakan :)

For you, wherever you are;
I see you in the recent missing people, and you don't know how much I miss you now.



Jumat, 26 Oktober 2012

Sebuah Ingat

semakin tidak menginginkan untuk mengingatmu adalah jebakan paling hebat yang ditimbulkan sebuah ingatan; kenangan.

Kamis, 18 Oktober 2012

ada dasar yang berkelakar, ada ruang yang meraung, ada dusta yang berkelana.

daripadanya lagi tidak ada kita

ketika rintik jatuh hujan dan langit tidak kuasa namamu tersebut, lalu selanjutnya perkara menguap diantara kita dan bersamanya luruh kenangan lama.

dengan begitu namamu tetap lekang tersebut.

selalu.

ketika hujan semakin keras menjatuhkan banyak diri dalam lantai lantai kerinduan kamu, sedangkan dindingmu kokoh terlalu menutup telinga. sehingga terdengar bisikannya saja tidak.

sunyi.


Senin, 15 Oktober 2012

ada banyak dini hari yang terhabiskan sekejab hanya untuk menikmati ingatan-ingatan tentangmu, tentang kita.

;seperti saat ini.
kangen.

Ikhlas

Berusaha mengikhlaskan itu berbeda dengan terpaksa mengikhlaskan.

Bahagia

Karena kebahagiaan bukan untuk kita cari, melainkan kebahagiaan itu yang harusnya kita ciptakan sendiri.

Diantara

diantara jeda dan banyak spasi, diantara hujan dan kemarau, diantara langit dan bumi, diantara siang dan malam, diantara semesta dan dunia, diantara aku dan kamu, diantara kita dan mereka. ada sekat, ada jarak, ada pembatas.

;daripadanya aku mengasingkan diri

Ketika

ketika merasa sendirian bukan hanya sebuah frasa, ketika bangkit begitu sulit untuk kujangkau, ketika mengaduh hanya menemui sepi. aku harus pergi kemana?

Satu Masa

jika semesta memberikanmu satu lagi masa untuk bersua, akankah kau menjelma menjadi sebuah harap yang tidak lagi semu?

Jumat, 05 Oktober 2012

Awesome Lecturer Ever!


Today, 4th October, in the beginning of the day that like usual. I do not have such kind of different, but. there's something different that we have in the third subject. that is Motivation Management subject.

before we attend the class miss Mayang text us to do not late come to class and prepare the question. i don't exactly know for what, but for sure, i just afraid to ask about the assignment because i did not finished yet! hehe.

I cam to the class after Addin text me to hurry up. After I came to in front of the class I see Emma, Ancas, and Addin talking to someone who i never know before. he is a foreigner. and after that i know his name is Matthew, he is from Kansas, America. This guy is really cheerful and nice. I like the way he can easily adapt with us even we just meet up. then, after for a while we kinda have some chit chat and joking with Matthew, we enter the class. in there, we meet Professor Heru and Yeke. Yeke is a student from Cambridge University and she is from London, UK. Yeke and Matthew are in internship for a while to have program to teach English in the learning organization in Yogyakarta.

we heard so many kind of experience about their part time, such kind of Yeke that work in retail store, and she a lot of talk about how to we motivate our self and then how to make ourself is comfort with the work itself. and then Matthew add about some kind of environment, how we deal with such kind of environment and situation that make me realize the differences of the character of professionalism to do work in case if we have work place that the people is similar with our society. how we deal with such kind of hard condition. when we have to make the motivated is coming up, the importance thing of that is deal with ourself first. the kind of comfortness then will follow us to do our job maximize as we can. if the problem is about another employee, be better to make some rule to the employee to have an balance between the profesionalism and the social activities. i mean if we as the leader, the important of motivated not about the money or the incentives, but the deal with such kind of psychological aspect and how the leader can be respect to the other even it is middle level or bottom level to make equalization to all of them so they will motivate they self to accomplish the goal.

we also talk about the -what must we do in the group job? must we do the job indvidually or just one people take over that all and do by themselves and the result is perfect, or the share job into the member of groups but maybe the result not good as the other one. what's your choice?'

most of them said that if in the group in context of college or academic, we have to spread and share the job to all of member, even the result is not quite perfect if someone just handle with that, but the main point in here is how we learn to be a good group member and give a chance to other to be active students and learn about how to respect the other job in order to make a good process of learning, the result is not really matter, even it's important too, but we have done the job as the best we can do. 

Matthew give us question; what you want to choose: the people who just sleep over during the work but the result is perfect, or the people who really diligent to do the work, but the result is not so perfect.
Addin said that he personality choose number one because he thinks that the importance one is the result, and he more deal with that, Nisa added to choose the second one in order to respect the process itself, but after that, the point is ; its better to do diligently and the result is perfectly..

After some of question and discussion about motivation management and the explanation, Miss Mayang ask us one by one to share about our likes or hobby or something that we interested in. Ancas with those kind of Muhammadiyah Youth Movements and martial art that he learn a lot from there, Addin who said about his leadership in youth social program and more tells about the limitation of him to reach such kind of the give same passion to them who actually have different part of passion to do the program, and than about he that learn a lot from the other organization even in inside or outside campus. After that I talk about writing, I running my first book and i hope this is will publish as soon as possible, and i also talk about how i deal with my self when i have an hobby to writing about literature or poems, but in IP News, i have to deal with those kind of different theme like business, social, and so many other that make me realize passion and motivation do not usually come form the things that we like, even we do not exactly like the job/work, the professionalism of us to want develops skills and performance lead us to have 'another passion' like i do. the next, Emma tells us about the stable and school of riding horse. and also how Emma really hate "Horse Satai" ever. haha. Emma love her horse very much. continuing by Nisa that tells about Bontang especially about her pets that have a lot of pets. there are so many pet at her house just like a zoo. haha. the last but not least, Fany, she tells us about her disease that successfully make people in the class is crying, while Fany is one of my friend that i should proud of her because she can survive and can run the life just like she don't get the sick. Yeke give a hug for her to respect her, and we're all know that it is not easy to deal with those kind of situation that Fany did. and she is great.

overall, after all laugh and cry that happen in our class today, i realize something. Just do what you want to do to think what you will get if you work harder, do not think about the money or the incentives. the important one is think what you want to do this for. your parents, your family, or other. this kind of thinking might be follow you to increase the self motivation to our body that will gives an fresh mind and keep it up if we lose your motivation. just thinking again what happiness you will get if you do this job perfectly, and you will know the real motivation is that. just simple. 

when we don't know what the future is, just thinking again what will you achieve from what you do now. if you think that's not satisfied enough, just think a bigger dream that you want to achieve, than motivate yourself to do the best as you can to see them all in your future. exactly. you will get them all.



*sigh*

there's so many thing that coming up to be done! like Yeke said. " I never pending something that must be done soon. I've choose to not sleep rather than pending my assignment." yeah, that's make us discipline and responsible. 

I really really appreciate Miss Mayang to invite Matt and Yeke to our class today. I really really love to meet them, to learn a lot from them, to motivate me and other friend to get scholarship in the excellent university, and to have some internship to other country to develop their knowledge about the other culture, language, and activity that will make us open our eyes that the world is really big to explore.

Thank you Matthew and Yeke for coming. I hope you'll enjoy your internship and get a have awesome experience too in Indonesia. I hope in another time we can meet up again and having fun together. Or maybe if I go to America or London someday. Amen. 


~When you do something good, the goodness will guide you, When you do something bad, the badness will follow you. but if you do something wrong, there are also so many ways to fix that up. Just keep your passion in that place!~


See ya!

Rizki Fitria (Kiki)
International Program, Human Resource Management.