Pendidikan merupakan hal yang sangat amat penting. Untuk mencapai
kualitas pendidikan yang baik diperlukan faktor-faktor penentu kualitas
pendidikan yang baik pula. Menurut saya ada tiga faktor penentu, yaitu:
1. 1. Sumber Daya Manusia
SDM yang saya maksud ada dua hal, yang pertama adalah SDM yang mengampu
pendidikan, dalam hal ini adalah tenaga pengajar bidang studi. Sudah
sepantasnya tenaga pengajar mempunyai kualitas yang memenuhi standar yang
berlaku sebelum mendapat izin mengajar. Terlebih kualitas tenaga pengajar yang
kurang baik akan menyebabkan ketidakseimbangan dan ketidakselarasan antara
keinginan siswa mendapat ilmu dengan kondisi yang ada. Untuk itu, saya berharap
kepada siapapun calon tenaga pengajar untuk sungguh-sungguh dalam membantu
mencerdaskan generasi bangsa. Jika kualitas tenaga pengajar sudah baik, tentu
peluang untuk menghasilkan generasi yang baik akan semakin besar.
Di samping itu, siswa merupakan faktor sumber daya manusia yang mempunyai
pengaruh besar juga. Terutama dalam pengaturan mindset anak-anak dan remaja di Indonesia, yang kadang menganggap
pendidikan itu tidak penting. Di sinilah letak kualitas pendidikan yang sering
dipertanyakan, “yang salah itu gurunya, atau siswanya” dalam konteks yang saya
bahas, kecenderungan pemikiran siswa yang tidak memprioritaskan pendidikan akan
lebih menyepelekan pendidikan itu sendiri lalu memicu lemahnya motivasi belajar
siswa untuk menyerap materi dari para tenaga pengajar, dan mengakibatkan peran tenaga
pengajar menjadi sedikit sia-sia karena tidak adanya niat atau motivasi siswa
untuk belajar. Saya pikir, untuk setiap orang tua, harus menanamkan pemikiran
sederhana sejak dini untuk anak-anak bahwa pendidikan itu penting, entah seperti
apa bentuk pendidikannya. Sehingga anak-anak bisa lebih bersemangat dalam
menyerap ilmu dari tenaga pengajar yang ada.
2. 2. Fasilitas
Hal ini juga yang menjadi momok penting dalam dunia pendidikan, karena
terkadang fasilitas yang minim membuat siswa dan tenaga pengajar kesulitan
dalam penyampaian materi pembelajaran dan atau membantu proses belajar mengajar.
Terlebih untuk daerah pelosok, cenderung lebih terabaikan dan kualitas
pendidikan di sana juga ikut menurun. Untuk itu, fasilitas pembelajaran ini perlu
banyak ditinjau, baik oleh pemerintah atau dinas pendidikan setempat untuk
mempunyai standar fasilitas pembelajaran yang layak di setiap sekolah, agar
para siswa dan tenaga pengajar mendapatkan ruang untuk dapat memperluas
jaringan pendidikan mereka. Misalnya, pendistribusian buku yang layak dan
menenuhi standar untuk membantu proses belajar mengajar. Dengan buku, siswa dapat
lebih banyak mengetahui hal-hal yang dijelaskan oleh tenaga pengajar, dan siswa
akan lebih memiliki wawasan yang luas juga. Sudah tentu, hal ini akan menaikan
kualitas pendidikan di Indonesia.
3. 3. Kurikulum dan Materi Pembelajaran
Menurut saya kurikulum dan materi pembelajaran juga termasuk dalam faktor
penentu kualitas pendidikan. Sebab hal ini menjadi acuan utama dalam
penyampaian materi pembelajaran untuk para siswa. Kurikulum harus sesuai dengan
kaidah dan standar yang berlaku. Badan Pendidikan Nasional harus lebih teliti
dalam pembuatan kurikulum yang berlaku dan digunakan oleh institusi pendidikan.
Sosialisasi terhadap setiap pergantian kurikulum juga dirasa sangat perlu untuk
membuat tenaga pengajar lebih mengerti dan memahami kurikulum baru yang
dipakai, sehingga kualitas pendidikan pun akan lebih mudah tercipta jika
korelasi antar berbagai pihak yang terkait berjalan dengan lancar.
Dari ketiga faktor diatas, saya dapat menyimpulkan bahwa kualitas
pendidikan yang baik adalah hasil atau output dari proses faktor-faktor dalam
pendidikan yang diantaranya; sumber daya manusia, fasilitas, dan kurikulum yang
berjalan sesuai kaidah dan fungsinya secara lancar dan berimbang. Dengan
demikian, kualitas pendidikan yang baik akan tercipta jika keseimbangan dan
kesinambungan diantara ketiganya dapat sesuai dan menyatu dengan aspek
pendidikan lainnya.
Tulisan ini dibuat dalam rangka mengikuti lomba Blog Competition yang diadakan oleh Indonesia Berkibar.
Saya Sependapat dengan point 2 Gan,
BalasHapussukses selalu, visit back ya ke blog saya
http://uliearieph.blogspot.com/2012/09/pak-ardan-guru-istimewa-yang-perduli.html