Rabu, 07 November 2012

TIGA FAKTOR PENDUKUNG TERCIPTANYA KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA




Pendidikan merupakan hal yang sangat amat penting. Untuk mencapai kualitas pendidikan yang baik diperlukan faktor-faktor penentu kualitas pendidikan yang baik pula. Menurut saya ada tiga faktor penentu, yaitu:

1.     1.  Sumber Daya Manusia

SDM yang saya maksud ada dua hal, yang pertama adalah SDM yang mengampu pendidikan, dalam hal ini adalah tenaga pengajar bidang studi. Sudah sepantasnya tenaga pengajar mempunyai kualitas yang memenuhi standar yang berlaku sebelum mendapat izin mengajar. Terlebih kualitas tenaga pengajar yang kurang baik akan menyebabkan ketidakseimbangan dan ketidakselarasan antara keinginan siswa mendapat ilmu dengan kondisi yang ada. Untuk itu, saya berharap kepada siapapun calon tenaga pengajar untuk sungguh-sungguh dalam membantu mencerdaskan generasi bangsa. Jika kualitas tenaga pengajar sudah baik, tentu peluang untuk menghasilkan generasi yang baik akan semakin besar.

Di samping itu, siswa merupakan faktor sumber daya manusia yang mempunyai pengaruh besar juga. Terutama dalam pengaturan mindset anak-anak dan remaja di Indonesia, yang kadang menganggap pendidikan itu tidak penting. Di sinilah letak kualitas pendidikan yang sering dipertanyakan, “yang salah itu gurunya, atau siswanya” dalam konteks yang saya bahas, kecenderungan pemikiran siswa yang tidak memprioritaskan pendidikan akan lebih menyepelekan pendidikan itu sendiri lalu memicu lemahnya motivasi belajar siswa untuk menyerap materi dari para tenaga pengajar, dan mengakibatkan peran tenaga pengajar menjadi sedikit sia-sia karena tidak adanya niat atau motivasi siswa untuk belajar. Saya pikir, untuk setiap orang tua, harus menanamkan pemikiran sederhana sejak dini untuk anak-anak bahwa pendidikan itu penting, entah seperti apa bentuk pendidikannya. Sehingga anak-anak bisa lebih bersemangat dalam menyerap ilmu dari tenaga pengajar yang ada.

2.      2.  Fasilitas

Hal ini juga yang menjadi momok penting dalam dunia pendidikan, karena terkadang fasilitas yang minim membuat siswa dan tenaga pengajar kesulitan dalam penyampaian materi pembelajaran dan atau membantu proses belajar mengajar. Terlebih untuk daerah pelosok, cenderung lebih terabaikan dan kualitas pendidikan di sana juga ikut menurun. Untuk itu, fasilitas pembelajaran ini perlu banyak ditinjau, baik oleh pemerintah atau dinas pendidikan setempat untuk mempunyai standar fasilitas pembelajaran yang layak di setiap sekolah, agar para siswa dan tenaga pengajar mendapatkan ruang untuk dapat memperluas jaringan pendidikan mereka. Misalnya, pendistribusian buku yang layak dan menenuhi standar untuk membantu proses belajar mengajar. Dengan buku, siswa dapat lebih banyak mengetahui hal-hal yang dijelaskan oleh tenaga pengajar, dan siswa akan lebih memiliki wawasan yang luas juga. Sudah tentu, hal ini akan menaikan kualitas pendidikan di Indonesia.

3.      3. Kurikulum dan Materi Pembelajaran

Menurut saya kurikulum dan materi pembelajaran juga termasuk dalam faktor penentu kualitas pendidikan. Sebab hal ini menjadi acuan utama dalam penyampaian materi pembelajaran untuk para siswa. Kurikulum harus sesuai dengan kaidah dan standar yang berlaku. Badan Pendidikan Nasional harus lebih teliti dalam pembuatan kurikulum yang berlaku dan digunakan oleh institusi pendidikan. Sosialisasi terhadap setiap pergantian kurikulum juga dirasa sangat perlu untuk membuat tenaga pengajar lebih mengerti dan memahami kurikulum baru yang dipakai, sehingga kualitas pendidikan pun akan lebih mudah tercipta jika korelasi antar berbagai pihak yang terkait berjalan dengan lancar.

Dari ketiga faktor diatas, saya dapat menyimpulkan bahwa kualitas pendidikan yang baik adalah hasil atau output dari proses faktor-faktor dalam pendidikan yang diantaranya; sumber daya manusia, fasilitas, dan kurikulum yang berjalan sesuai kaidah dan fungsinya secara lancar dan berimbang. Dengan demikian, kualitas pendidikan yang baik akan tercipta jika keseimbangan dan kesinambungan diantara ketiganya dapat sesuai dan menyatu dengan aspek pendidikan lainnya. 


Tulisan ini dibuat dalam rangka mengikuti lomba Blog Competition yang diadakan oleh Indonesia Berkibar.

1 komentar:

  1. Saya Sependapat dengan point 2 Gan,
    sukses selalu, visit back ya ke blog saya
    http://uliearieph.blogspot.com/2012/09/pak-ardan-guru-istimewa-yang-perduli.html

    BalasHapus