Rabu, 31 Juli 2013

Mereka dan Kesederhanaan

Hari ini adalah seminggu setelah penerjunan kkn dari kampus saya.
kebetulan, unit kami mendapat sebuah desa bernama desa sawahan, RW 05, Juwiring, Klaten.
Tau? aku sendiri baru tau waktu kkn ini. hehe.

Ngomong-ngomong tentang kkn, semingguan ini yang menarik perhatianku adalah anak-anak di sini. tentang bagaimana mereka bermain tanpa beban, meskipun orang tua mereka tidak selalu bisa memenuhi apa yang mereka inginkan, dari tatap tatap mata mereka, saya melihat bola mata penuh semangat untuk kehidupan yang lebih baik lagi.

Sesederhana saat kami membuatkan mereka mainan dari kertas lipat ini.
sederhana, mudah, tidak terlalu rumit.

Tapi melihat mereka tersenyum lepas, bangga setelah melihat karya hasil mereka sendiri, itu membuat saya trenyuh. ah, sebagai anak bungsu saya selalu ingin memiliki adik. dan, disini saya memiliki puluhan adik yang siap mengajak bermain dari pagi sampai malam.





Semalam, aku berbicara dengan salah satu anak bernama andika, kelas 6 sd. Adalah seorang anak dari toko di sebelah masjid. Dia, bercerita bagaimana dia harus membantu ibunya membuat makanan untuk dijual, sampai tidak sempat ikut les dari kami tempo hari. Uhm. Hidup. Tapi banyak kehidupan nyata dengan berbagai pilihan yang sudah ada, dan sesederhana mereka menjalani kehidupan mereka dengan keadaan yang ada.Saya dan Andika juga sharing tentang bagaimana kecukupan materi tidak melulu sama dengan kecukupan kebahagiaan. Dan ya, kebahagiaan itu tidak dinilai dari seberapa materi yang kita punya, tapi seberapa banyak orang yang menyayangimu, dan berusaha membahagiakanmu yang juga selalu membahagiakan mereka, hidup rukun, tentram dan damai. Bukankah kebahagiaan adalah bagian dari kesederhanaan?


saya mulai jatuh cinta pada desa ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar