Kamis, 28 Februari 2013

Evolusi Batik dan Penggunaanya Sebagai Media Promosi Negara Indonesia di Kancah Internasional


Sejak tahun 2009 Indonesia menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Sejak saat itu pula, penggalakkan dalam peningkatan berbatik di Indonesia terus meningkat. Di sekolah, di kantor atau di masyarakat umum batik makin lazim digunakan.

Sebenarnya, yang terpenting dari batik adalah bagaimana filosofi dari makna batik yang tercetak dapat mengalir dalam darah daging setiap rakyat Indonesia, untuk menjaga salah satu warisan budaya bangsa yang sempat di klaim milik Negara lain ini.

Seperti kita ketahui, pembuatan batik itu tidaklah mudah. Mencetak malam dengan canting dan di tulis diatas selembar mori yang kemudian tersusun pola-pola dan corak-corak yang membentuk sebuah karya seni yang bernilai. Yang mana corak dan pola tersebut berbeda-beda sesuai dengan karakteristik dan jenis batik di setiap daerah di Indonesia yang berbeda.

Maka dari itu, sudah seharusnya batik kita lestarikan dengan cara-cara yang menyesuaikan dengan semakin canggihnya globalisasi yang membuat kita ekstra usaha agar adanya batik tetap ada dan berjaya. Tidak hanya dengan merawat dan menggunakan batik di tiap kesempatan, namun kita juga dapat menggunakan batik sebagai media promosi bangsa Indonesia di kancah internasional.


Bagaimana caranya?

1. Memahami esensi dari permbuatan batik.
2. Membeli batik yang Asli (buatan) Indonesia.
3. Memopulerkan batik dengan berbagai cara.

Lalu, apa kaitannya penggunaan batik sebagai media promosi dikancah internasional dengan evolusi batik itu sendiri?

Mari kita telaah lebih lanjut. 
Pada mulanya jenis batik hanya seperti kain, baju dan rok seperti ini:

koleksi pribadi


koleksi pribadi


Namun seiring dengan perkembangan zaman,  batik pun juga terintegrasi dengan globalisasi dengan inovasi dari batik itu sendiri. Tidak hanya kain atau baju dan rok batik, tetapi berinovasi menjadi dress batik dengan berbagai jenis dan model yang pas untuk segala usia, lalu kaos dengan motif batik yang juga bagus untuk digunakan sehari-hari. 

Lalu, beberapa produsen batik memperluas lagi pasar batik dengan membuat produk-produk batik seperti sepatu batik, tas batik, dan kerudung batik.

syal batik jenis mega mendung

berbagai tas batik koleksi pribadi

Nah, seiring dengan perkembangan dan inovasi produk batik, secara tidak langsung akan berdampak pada bagaimana cara kita melestarikan batik itu sendiri, salah satunya dengan memperkenalkan batik di dunia internasional. seperti yang telah saya sebutkan diatas, menurut saya, ada tiga cara yang dapat kita lakukan untuk sedikitnya menyumbang kontribusi sebagai warga Indonesia untuk menyebarluaskan keindahan warisan budaya batik Indonesia.

1. Mengenal esensi dari pembuatan batik.

Mengapa mengenal esensi ini penting? karena, jika kita mengerti sebuah sejarah yang ada dibelakang pembuatan batik, kita dapat lebih menghargai usaha para pembuat dan pengrajin batik, sebab sebagaimana diketahui bahwa pembuatan batik itu tidaklah mudah. Kita bisa analogikan seperti proses untuk membuat suatu hasil karya seni yang bernilai dan penuh dengan apresiasi bukanlah dengan waktu yang singkat. Ada langkah-langkah yang harus kita tempuh untuk membuat batik. Dengan begitu kita dapat mempelajari tiap esensi dari makna mengenai batik yang dapat kita banggakan sebagai warga Indonesia.

Kerumitan yang diciptakan dari proses membatik, membutuhkan kesabaran ekstra, membutuhkan ketelitian dan ketekunan. Tidak hanya membutuhkan waktu yang tidak sedikit, namun hati yang bersih agar tercetak sebuah jejak dalam batik yang begitu sarat makna, dan tersurat untuk kita mengerti maksudnya. Dengan begitu, jika kita memperkenalkan batik pada dunia, kita dapat turut pula menceritakan sejarah yang membanggakan dari pengrajin batik dan turut pula menyebarluaskan mengenai filosofi batik yang sungguh membanggakan tersebut.


2. Membeli batik yang asli (buatan) Indonesia.

Saya sebagai warga Indonesia, harus dan wajib bersyukur atas budaya yang telah diwarisi oleh nenek moyang kita, dengan membeli produk-produk asli Indonesia tentu saja. Mungkin, sebagian dari kita tau bahwa batik yang merupakan produk asli Indonesia telah banyak ditiru, dicontoh, dan diperjualbelikan dengan bebas di pasaran, lalu beberapa negara di luar Indonesia ada yang menjual jenis batik di Indonesia yang amat mirip dan serupa dengan batik Indonesia, sudah tentu proses pembuatan dan harga yang ditawarkan jauh lebih murah namun dengan nilai yang berbeda karena tidak asli buatan Indonesia. Maka dari itu, jangan terkecoh dengan harga yang murah. Kita harus berbangga hati jika batik kita dijual dengan harga tinggi. Karena harga tersebut sebanding dengan apresiasi untuk proses pembuatan batik yang rumit seperti yang saya jelaskan di atas tadi.

Nah, pertanyaan selanjutnya yang muncul adalah, bagaimana dan di mana kita dapat mendapatkan batik buatan asli Indonesia?

Dengan kecanggihan teknologi, kini kita tidaklah sulit menemukan berbagai macam tempat untuk membeli batik yang sudah pasti berkualitas dan asli. Dan tidak ada cara yang tidak bisa kita tempuh jika hanya berbatas jarak dan waktu. Semakin modernnya zaman terciptalah media-media berjualan online yang menyuguhkan produksi batik dari seluruh Indonesia dan kitapun sebagai konsumen lebih mudah untuk memilih dan membeli tanpa harus membuang waktu lama. Cara pembayarannya pun juga dapat via transfer atau e banking. Adanya hal ini dapat memudahkan saya untuk mencari barang-barang berbau batik yang saya inginkan, tanpa harus lelah kesana kemari.

Nah, adapun pemilihan toko online tidak boleh sembarangan. Kita harus selektif untuk meminimalisir adanya penipuan dari kejahatan di media internet. Salah satu toko online batik yang terpercaya adalah www.berbatik.com disini, kita dapat melihat, memilih dan membeli batik dari berbagai merk dengan kualitas bagus dan terbaik dengan harga yang sesuai dengan kualitas tersebut. Karena bagi saya, harga batik yang terkadang dibilang kebanyakan orang “mahal” seharusnya memicu kita warga Indonesia untuk malu ketika kita dapat membeli barang buatan luar negeri dengan harga mahal namun membeli batik yang notabene asli Indonesia dengan harga serupa saja tidak mau. Mari budayakan untuk membeli produk-produk Indonesia dengan membeli batik.  Dengan belanja di www.berbatik.com kita akan menyumbang sebuah rasa nasionalisme kita terhadap salah satu warisan budaya bangsa.

3. Memopulerkan Batik dengan berbagai cara.

Seperti yang saya sebutkan, kecanggihan teknologi sudah mempermudah penggunanya untuk melakukan banyak hal lewat internet, selain pembelian batik di butik online www.berbatik.com kita pun dapat menyebarluaskan batik dan memopulerkan batik lewat berbagai sosial media seperti twitter, facebook, blog, instagram dan lain sebagainya. Jadi dalam kesempatan apapun, kapanpun, dan di mana saja, kita dapat menjadi satu dari sekian banyak warga Indonesia yang bangga akan batik dan bertekad untuk memopulerkan batik di kancah Internasional dengan adanya evolusi batik yang makin bervariatif dan tidak kalah untuk disandingkan dengan barang-barang buatan luar negeri.

Jika kita mampu sekarang, mengapa harus ditunda?




Tidak ada komentar:

Posting Komentar