Kamis, 31 Januari 2013

Batik Sebagai Pemersatu Rakyat Indonesia



batik tulis dan cetak koleksi pribadi



Adalah Batik
Coraknya merupakan keanggunan yang tercetak mata-mata
Garisnya serupa jejak kehidupan yang tiada ujungnya
Lalu seluruhnya
Adalah buah dari perjuangan, ketekunan, dan peluh yang terurai.

:: Batik; daripadanya kita menyadari, seluruh yang berharga tidak boleh mati.

Puisi diatas adalah karya saya, atas kekaguman saya dan kebanggan saya terhadap batik yang kini telah mempunya tempat yang lebih di kalangan masyarakat. Terlebih setelah tiga tahun berlalu semenjak diberlakukannya hari batik nasional, penggunaan batik terus dan terus dikembangkan. Tidak hanya itu fungsi batik pun semakin meluas seiring perkembangan zaman.

Batik sebagai pemersatu bangsa.

Batik, adalah hasil karya yang turun temurun diwariskan dari jaman kerajaan dahulu kala, meskipun pada awalnya penggunaan terbatas dan hanya diperuntukkan kalangan Keluarga Kerajaan, namun semakin lama ada inovasi dan perkembangan yang membuat batik semakin dapat dikenal di khalayak ramai. Terlebih, ketika semakin banyak orang mempelajari batik dan mengaplikasikannya dengan canting dan malamBatik sendiri berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Oleh karena itu, kita dapat menggunakan batik sebagai media pemersatu bangsa dengan saling menghargai karya cipta batik dan membantu memperluaskan batik ke seluruh pelosok Indonesia.

Jika kita ingat, sebelum batik diresmikan oleh UNESCO sebagai warisan budaya asli Indonesia, sempat ada beberapa selisih dengan Negara yang mengklaim batik sebagai warisan budaya mereka. Ketika itu, warga Indonesia geram dan sangat menyayangkan hal tersebut. Alhasil, di seluruh sosial media, di jalan dan lingkungan daerah banyak yang mendukung adanya pengesahan batik sebagai warisan asli Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa ketika tanggal 2 Oktober 2009 ditetapkan sebagai hari batik nasional atas tersahnya batik menjadi hak cipta dari Indonesia, adalah hasil dari persatuan seluruh rakyat Indonesia untuk memperjuangkan apa yang seharusnya dimiliki Indonesia. Dan kita harus bangga atas hal itu, dan mengapresiasikannya dengan tetap, terus dan selalu mencintai dan menjaga batik dengan cara membeli dan menggunakan batik. Jika anda adalah orang yang sibuk dan tidak mempunyai waktu untuk belanja membeli batik, atau anda malas untuk sekedar ke tempat perbelanjaan, anda bisa gunakan toko batik atau butik online batik yang sudah ada di Indonesia. Salah satu yang sudah terkenal citranya adalah www.berbatik.com menyediakan berbagai jenis inovasi batik dan berbagai bentuk yang akan menggugah anda untuk segera membelinya. Barang-barang di sini ada yang limited lho, jadi segera beli dan pesan sebelum orang lain membelinya.  Dengan membeli batik dan berbatik, kita telah berkontribusi dalam pelestarian warisan budaya Indonesia yang memang seharusnya dipertahankan. Batik harus selalu hidup, tidak boleh hilang atau mati.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar